Sabtu, 09 Maret 2013

Web-ERP : generasi baru dari Enterprise Resource Planning (ERP)


ERP adalah sistem manajemen komputer perusahaan. Davenport mendeskripsikan ERP sebagai software komersial yang menjanjikan integrasi dari semua informasi yang mengalir dalam perusahaan yaitu uang, SDM, rantai pasok, dan informasi konsumen. Hal ini merepresentasikan aplikasi dari IT pada sistem Material Resource Planning (MRP). Terhadap fungsi bisnis baru, hal ini meliputi banyak inovasi teknologi termasuk perubahan kepada relational database management system (RDBMSs), penggunaan graphical user interface (GUI), sistem terbuka, dan arsitektur Client/Sever. Pada generasi baru dari ERP, seseorang akan menemui banyak perkembangan termasuk aplikasi berbasis internet, pengembangan komponen teknologi dengan model berorientasikan objek untuk implementasi yang lebih cepat. Pada jurnal ini, penulis memperkenalkan desain dan implementasi dari generasi baru ERP yang disebut Web-ERP, dengan menggunakan Web-based Object Oriented Model (WOOM).

Munculnya teknologi internet telah mempengaruhi banyak fase dari gaya kerja di industri manufaktur. Perusahaan-perusahaan manufaktur perlu mengubah model kerja mereka untuk tetap kompetitif dalam era global saat ini. ERP berbasis internet menjadi sesuatu yang penting untuk pengembangan secara kontinu dari perusahaan manufaktur. Dalam paper ini, penulis memperkenalkan implementasi model yang disebut Web-based Object Oriented Model (WOOM) dalam implementasi sistem ERP dengan perspektif global. Model tersebut bertujuan untuk menyediakan basis bagi perusahaan untuk mengimplementasikan ERP dalam pandangan sistematik. Dengan menggunakan teknik pengembangan lanjut, pengembangan model yang mencakup solusi untuk semua area dari sistem ERP global dapat diterapkan.


5 komentar:

  1. Wah ini salah satu teknologi ERP yang baru ya..saya rasa ini belum ada di Indonesia..nice info..

    BalasHapus
  2. wah info mengenai ERP membuka wawasan saya untuk terus maju! tulisan yg inspiratif :-)

    BalasHapus
  3. Ulasan yang menarik dan saya mendapatkan informasi yang sangat berguna mengenai ERP ini... Keep posting

    BalasHapus
  4. terima kasih atas info mengenai ERP nya, sangat informatif...

    BalasHapus
  5. ternyata ERP pun telah berkembang dikalangan perusahaan. tulisan yang sangat informatif, ditunggupostingan selanjutnya yo

    BalasHapus