Sabtu, 09 Maret 2013

Peran Management Information System (MIS) dan Decision Support System (DSS) untuk Proses Pengambilan Keputusan Oleh Manajer


Dalam dunia bisnis saat ini, ada berbagai jenis sistem informasi seperti TPS, DAS, KWS, MIS, DSS, ES, CSCWS, GDSS dan ESS. Masing-masing memainkan peran yang berbeda dalam hirarki organisasi dan proses pengambilan keputusan. Di artikel ini penulis telah memilih dua sistem informasi utama, yaitu, MIS dan DSS. Setelah membahas proses pengambilan keputusan didasarkan pada konsep masing-masing, karakteristiknya, hubungannya, hubungan konsep masing-masing proses pengambilan keputusan telah ditentukan. Pada saat yang sama, model yang berbeda dan beberapa gambar disajikan untuk memperkaya diskusi dan untuk menggarisbawahi status dari setiap sistem informasi MIS dan DSS pada pengambilan keputusan organisasi.

Terlepas dari berbagai sistem informasi dalam dunia bisnis, MIS dan DSS adalah perhatian utama saat ini. Disimpulkan bahwa MIS paling cocok untuk mengidentifikasi masalah dan membantu manajemen untuk membuat keputusan yang sesuai. Pada saat yang sama, MIS tidak ditujukan untuk membantu kebutuhan khusus dan spesifik dari individu dan pembuatan keputusan kelompok. Di sisi lain DSS disesuaikan dengan kebutuhan spesifik dari individu dan kelompok. Oleh karena itu, dapat disimpulkan, bahwa DSS dapat memperluas dukungan terhadap langkah yang sama dan memiliki peran lebih dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah dari MIS. Karena beberapa keterbatasan, mungkin beberapa langkah dari proses pengambilan keputusan untuk dipilih. Sekarang penting untuk mempertimbangkan mana yang lebih disukai. Dalam karya-karya masa depan kita bisa belajar tentang peran lain dari sistem informasi untuk pengambilan keputusan oleh manajer dan membandingkannya dengan MIS dan DSS.

2 komentar:

  1. tulisan anda membantu saya mengerti dalam memilih jenis sistem informasi terutama MIS dan DSS. Saran untuk tulisan berikutnya mungkin bisa membantu sharing tentang jenis sistem informasi lainnya. terima kasih atas informasinya. keep posting :)

    BalasHapus
  2. informasi yang menarik dan bermanfaat bagi kita khususnya mahasiswa yang selalu ingin tahu hal-hal baru.ditunggu artikel selanjutnya hehe

    BalasHapus